BAHASA KOMPUTER (SISTEM BILANGAN)








SISTEM BILANGAN


Perangkat hardware, dalam hal ini komputer terbuat dari rangkaian elektronik yang tentunya sangat kompleks, tapi pada dasarnya semua alat listrik hanya dapat mengenal keadaan hidup / on atau mati / off saja sehingga semua perintah atau program harus diterjemahkan ke dalam suatu kode yang terdiri dari deretan hidup dan atau mati dari rangkaian listrik tersebut. Dalam hal ini on diartikan sebagai nol.
Deretan bilangan nol dan satu tidak begitu dikenal, sehingga bilangan desimal yang biasa kita pakai tetap juga digunakan sebagai input dan output. Sistem bilangan yang terkenal antara lain : bilangan desimal, biner, heksadesimal dan oktal.
-          cara menghitung


sistem bilangan mempunyai basis ( radix = r ), yaitu banyaknya angka atau digit yang digunakan. Untuk desimal r = 10, biner r = 2, heksadesimal r =16, dan oktal r = 8. Kemudian masing-masing sistem bilangan mempunyai harga / bobot sendiri – sendiri sesuai dengan letak pada deretnya. Ini dihitung dari belakang, dan disebut digit ke satu = d0 diikuti digit kedua = d1, dan digit ketiga = d2 dan seterusnya. Maka nilai/bobot suatu bilangan adalah  :


 




Contoh :
Bilangan desimal (857)10
(857)10  = 7 . 10^0 + 5 . 10^1  + 8 . 10^2


Bilangan oktal   (1257)8
(1257)8  = 7 . 8^0 + 5 . 8^1  + 2 . 8^2 + 1 . 8^3
               = 7 + 40 + 128 + 512
         = (687)10


Bilangan heksadesimal   (1a2b)16
(1a2b)16  = b . 16^0 + 2 . 16^1  + a . 16^2 + 1 . 16^3
               = b + 32 + a.256 + 4096
         = (6699)10


Bilangan biner   (1010101)2
(1010101)2  = 1.2^0 +  0.2^1  + 1.2^2 + 0.2^3 + 1.2^4 + 0.2^5 +1.2^6
               = 1 + 4 + 16 + 64
         = (85)10

TABEL KONVERSI


DECIMAL
BINARY
OKTAL
HEKSADESIMAL
    10^1                10^2
2^4   2^3   2^2   2^1   2^0
2^3   2^2   2^1   2^0
16^2     16^1     16^0
                          0
                          1
                          2
                          3
                          4
                          5
                          6
                          7
                          8
                          9
       1                 0
       1                 1
       1                 2
       1                 3
       1                 4
       1                 5
       1                 6
       1                 7
       1                 8
       1                 9
       2                 0
          0      0      0      0
          0      0      0      1
          0      0      1      0
          0      0      1      1
          0      1      0      0
          0      1      0      1
          0      1      1      0
          0      1      1      1
          1      0      0      0
          1      0      0      1
          1      0      1      0
          1      0      1      1
          1      1      0      0
          1      1      0      1
          1      1      1      0
          1      1      1      1
  1      0      0      0      0
  1      0      0      0      1
  1      0      0      1      0
  1      0      0      1      1
  1      0      1      0      0
                          0
                          1
                          2
                          3
                          4
                          5
                          6
                          7
                  1      0
                  1      1
                  1      2
                  1      3
                  1      4
                  1      5
                  1      6
                  1      7
                  2      0
                  2      1
                  2      2
                  2      3
                  2      4
                          0
                          1
                          2
                          3
                          4
                          5
                          6
                          7
                          8
                          9
                       A
                       B
                       C
                       D
                       E
                        F
               1         0
               1         1
               1         2
               1         3
               1         4

Selanjutnya komputer bekerja atas dasar bilangan biner ini, tetapi kita tetap menggunakan bilangan desimal dan huruf abjad biasa. Oleh karena itu dibuat kode padanya dan yang berlaku sekarang adalah kode ASCII ( American Standard Code for Information Interchange )
Contoh  :
Angka 2 (desimal) diberi kode 00110010 (8 bit) dalam bahasa ASCII
Huruf A diberi kode 01000001
Huruf B diberi kode 01000010
Dan seterusnya.

Tabel Perbandingan Penggunaan kode

Character
Standard
Card Code
     Standard BCD
 Interchange Code

         E B C D I C

             A S C I I

0
1
2
3
4
5
6
7
8
9
0
1
2
3
4
5
6
7
8
9
100
000
000
100
000
100
100
000
000
100
1010
0001
0010
0011
0100
0101
0110
0111
1000
1001
1111
1111
1111
1111
1111
1111
1111
1111
1111
1111
0000
0001
0010
0011
0100
0101
0110
0111
1000
1001
0011
0011
0011
0011
0011
0011
0011
0011
0011
0011
0000
0001
0010
0011
0100
0101
0110
0111
1000
1001


Character
Standard
Card Code
     Standard BCD
 Interchange Code

         E B C D I C

             A S C I I

A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T
U
V
W
X
Y
Z
12-1
12-2
12-3
12-4
12-5
12-6
12-7
12-8
12-9
11-1
11-2
11-3
11-4
11-5
11-6
11-7
11-8
11-9
0-2
0-3
0-4
0-5
0-6
0-7
0-8
0-9
011
011
111
011
111
111
011
011
111
110
110
010
110
010
010
110
110
010
101
001
101
001
001
101
101
001
0001
0010
0011
0100
0101
0110
0111
1000
1001
0001
0010
0011
0100
0101
0110
0111
1000
1001
1001
0011
0100
0101
0110
0111
1000
1001
1100
1100
1100
1100
1100
1100
1100
1100
1100
1101
1101
1101
1101
1101
1101
1101
1101
1101
1101
1110
1110
1110
1110
1110
1110
1110
0001
0010
0011
0100
0101
0110
0111
1000
1001
0001
1011
0011
0100
0101
0110
0111
1000
1001
1001
0011
0100
0101
0110
0111
1000
1001
0100
0100
0100
0100
0100
0100
0100
0100
0100
0100
0100
0100
0100
0100
0100
0101
0101
0101
0101
0101
0101
0101
0101
0101
0101
0101
0001
0010
0011
0100
0101
0110
0111
1000
1001
1010
1011
1100
1101
1110
1111
0000
0001
0010
0010
0100
0101
0110
0111
1000
1001
1010

Comments

Popular posts from this blog

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN BENDA UJI CTB (CEMENT TREATED BASE) DENGAN BAHAN TAMBAH (ZAT ADITIF)

MATERI ILMU UKUR TANAH

CONTOH PROPOSAL SKRIPSI