PROGRAM BAHASA KOMPUTER (COMP 1)



SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER



Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan tehnologi, manusia membutuhkan alat bantu yang bisa mempermudah pekerjaannya seperti untuk mengingat dan menghitung. Pekerjaan yang harus diselesaikan cukup banyak, sedangkan waktu terbatas dan didukung dengan tuntutan kebutuhan jaman, maka manusia berusaha menciptakan suatu alat bantu yang bisa meringankan pekerjaan dan mempersingkat waktu dalam pekerjaannya, lebih – lebih untuk  pekerjaan yang sifatnya rutin dan berulang seperti pekerjaan menjumlah, mengurang, mengali dalam tata buku yang dalam satu hari bisa dilakukan sampai ribuan kali.

Bermula dari hal itulah maka diciptakan suatu mesin hitung, dimulai dari simpoa ( sebuah alat bantu menghitung yang menggunakan biji-biji berjajar dalam suatu kerangka yang tiap bijinya bernilai satu dibawah dan lima di bagian atas. ),  sampai kemudian tercipta mesin hitung seperti kalkulator.
Kebutuhan manusia semakin berkembang, alat bantu yang ada dirasa belum sempurna, maka tahun 1642 Balise Pascal dari Perancis menciptakan suatu mesin hitung jumlah yang dikenal dengan adding machine. Lalu ditahun 1673 mesin tersebut disempurnakan oleh G W Leibnitz dari Jerman, yang dari tahun ke tahun semakin berkembang dan disempurnakan :
·         1820 oleh Charles Xavier Thomas dari Perancis
·         1850 oleh D.D Permalee dari Amerika Serikat mesin yang sudah menggunakan                     keyboard.·         1872 oleh Frank Stephen Baldwin dari Amerika Serikat.
·         1887 oleh Door Eugene Feit, yang dikenal dengan macaroni box.
·         1890 oleh W.S. Borroughs, yang menciptakan mesin hitung dengan adding printing               machine yang digunakan untuk mencatat, merekap, dan menghitung.
·         1891 Jay R. Monroe dan Baldwin memperkenalkan Monroe Calculator, suatu mesin               komersiil  yang menggunakan keyboard.
Mesin – mesin tersebut masih sekelas mesin hitung yang belum otomatis, sedangkan sejarah mesin hitung otomatis dimulai dari Perancis dengan diciptakannya Punched Card Machine oleh J.M Jacquard pada tahun 1801. Tahun 1880 Punched Card Machine  ini dikembangkan oleh DR. H. Hollerith dari biro sensus Amerika Serikat. Dengan modal dasar keahlian tersebut dibentuklah perusahaan Tabulating Machine Company ( TMC ) yang kemudian berubah menjadi International Business Machine Corporation ( IBM ) pada tahun 1924.
     Mesin komputer yang dapat menghitung secara otomatis diciptakan orang Inggris Charles Babbage tahun 1933 dan diberi nama analitical engine dan dikenal sebagai general purpose digital computer. Lalu di tahun 1944 Prof. H. Aiken dari Universitas Havard Amerika dibantu staffnya menciptakan komputer MARK I yang merupakan mesin electro mechanical computer.
     Perkembangan komputer generasi I tahun 1945 oleh Mauchly, Eckert dan Von Neuman yang menciptakan Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC). Saat itu kemampuannya sudah cukup hebat yaitu dapat melakukan 500 operasi per detik. ( sebagai perbandingan, computer CRAY 2 yang dipasarkan sekitar tahun 1980-an mampu melakukan 2 milyar operasi perdetik). Komputer ini disempurnakan pada tahun 1980 yang diberi nama Electronic Discrette Variable Automatic Computer (EDVAC), yang pada perkembangannya menjadi Universal Automatic Computer (UNIVAC)
Dari tahun-ke tahun perkembangannya semakin pesat, dan sekarang semakin banyak perusahaan seperti IBM, HYUNDAI, UNIVAC, PHILLIPS, APPLE, MACHINTOS dan lain sebagainya yang semakin dituntut untuk selalu bersaing seperti menyangkut hal hal seperti :
·         secara fisik makin kecil / ringan,
·         semakin cepat kerjanya, daya ingat semakin tinggi/besar,
·         kecepatan menulis/olah data makin tinggi,
·         dapat dioperasikan terus menerus / online data processing·         makin banyak software hebat yang mendukungnya,·         mudah dikembangkan dang mudah dihubungkan dengan perangkat lainnya melalui berbagai               transmisi komunikasi
·         makin murah harganya           Kemampuan komputer semakin hari semakin meningkat sesuai dengan perkembangan kebutuhan manusia.B.    KARAKTERISTIK  KOMPUTER
Sesuai fungsinya, tentu komputer mempunyai suatu karakteristik seperti :1.    Elektronik, komputer semata-mata adalah alat bantu elektronik yang mampu menerima kode-              kode elektronik dan oleh karena itu semua masukan ( input ) harus diterjemahkan dulu dalam              kode atau sinyal elektronik.2.    Menerima, menyimpan dan menghasilkan data / informasi dan gambar.3.    Menerima instruksi                                                                                      PROGRAM

 

Gambar 1.  Skema kerja komputer


            Dalam menggunakan atau menjalankan komputer ada tiga perangkat atau komponen, yaitu  :
1.    HARDWARE / perangkat keras
Perangkat keras dalam komputer terbagi dalam tiga komponen utama yaitu  :
a.    Input Device
Berfungsi menerima data dari luar sistem komputer yang kemudian diubah menjadi impuls elektronik yang dimengerti oleh komputer.
Input Device ini bisa berupa antara lain  :
keyboard,  disk drive, light pen, microphone, pita magnetik / tape
-          keyboard  atau papan ketik terdiri dari bermacam-macam tombol dengan setiap tombolnya terdapat satu atau lebih fungsi untuk memasukkan suatu karakter khusus ke dalam unit pemroses.
-          Disk drive atau piringan magnetis yang diputar dan digerakkan oleh penggeraknya dapat merekam atau menyimpan data yang bersifat tetap ( selama belum dirubah / di edit ) dan data tersebut dapat dibaca kembali untuk diolah dalam unit pengolah data. Karena piringan ini lentur sering disebut floppy disk atau disket.
-          Light pen atau pen cahaya yang dapat membaca gelap / terang kertas data. Disini perubahan cahaya akan dirubah menjadi denyut-denyut listrik yang dapat diolah dalam unit pemroses, sehingga melalui alat ini komputer dapat mengoreksi hasil ujian atau data personalia.
-          Microphone sebagai alat yang dapat merubah suara menjadi denyut listrik juga dapat dipakai sebagai peralatan input komputer. Baik secara langsung dari manusia maupun yang berasal dari komputer lain dan tentu saja suara ini harus mempunyai corak tertentu.
-          Magnetic disk atau pita magnetis yang dalam bentuk kecilnya berupa kaset yang digerakkan oleh casette recorder / player, juga dapat menyimpan data yang bersifat tetap, maksudnya walaupun listrik mati atau telah dimatikan, rekaman itu tetap didalamnya dan dapat dibaca kembali. Disini rekaman data bisa berupa simpul-simpul magnetis yang kemudian dijadikan denyut-denyut listrik yang dapat diolah oleh Central Processing Unit.


b.    Central Processing Unit
Didalam Central Processing Unit ada tiga komponen utama yaitu  :
-          Controle Unit
Mengkoordinasi seluruh kegiatan dari berbagai komponen dari komputer. Seperti mengontrol cara kerja input dan output, mengontrol pekerjaan ALU dsb, yang pada dasarnya adalah mengatur selama operasi semua peralatan komputer. Unit ini akan mengirimkan perintah dan sinyal / tanda-tanda kontrol dan menentukan urutan dari berbagai konstruksi.

-          Memory Unit
Memory unit adalah komponen dari Central Processing Unit dimana semua data dan hasil disimpan didalamnya. Sering juga disebut sebagai komponen penyimpan program, jika semua program disimpan disini. Memory mempunyai andil besar dalam menentukan seberapa banyak data atau program yang diproses, yang juga merupakan salah satu kriteria kemampuan dari komputer
Berdasarkan tempat, memory unit dibagi menjadi  :
-    internal memory = terletak didalam Central Processing Unit
-    eksternal memory = terletak di luar sebagai tambahan memori untuk memperbesar kapasitas komputer.
Berdasarkan tugasnya, memory unit dibagi menjadi  :
-    ROM ( Read Only Memory ) = biasanya ada di dalam Central Processing Unit bertugas menyimpan intsruksi-instruksi yang tetap dan hanya dapat dibaca, untuk menghidupkan komputer saat awalnya.
-    RAM ( Random Access Memory ) = merupakan memori yang dapat dibaca dan ditulis atau diganti dengan data lain sesuai kebutuhan.

-          Arithmetic Logical Unit / ALU
Terdiri dari sirkit- sirkit listrik yang menunjukkan bermacam operasi arithmetic dan logika yang bertugas melaksanakan pekerjaan seperti perhitungan, pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, penyusunan data, membandingkan dan sebagainya.


c.    Output Device
Mentransformasikan  impuls elektronik hasil processing komputer menjadi suatu bentuk yang dapat direkam atau diterima dan dikeluarkan dari sistem komputer. Output Device bisa berupa  :
-          monitor / video display unit ( VDU )
-          printer / plotter
-          loudspeaker / cassete recorder
-          disk drive yang selanjutnya tersimpan dalam media disket.

                   
Gambar 2.  Diagram Alir Sistem Operasi Dalam Hardware

2.    SOFTWAREperangkat lunak
Software pada hakekatnya merupakan suatu modul yang berfungsi mengatur kerja peralatan fisik komputer ( hardware ). Sebagai modul peralatan fisik software dibagi 5 kelompok utama yang masing-masing mempunyai batasan dan tugas tersendiri dalam mengatur hardware agar dapat bekerja se-efisien dan se-efektif mungkin. Kelima kelompok utama software tersebut adalah  :
a.    Sistem Operasi / operating system
Berfungsi untuk mengatur kerja komputer secara mendasar seperti media Input - Process – Output, mengatur tabel pengkodean, mengatur memori baik internal maupun eksternal, mengatur penjadwalan processor dan lain-lain.
Contoh  : PC-DOS, MS-DOS, UNIX, XENIX Operating System dsb.

b.    Alat bantu / utility
Merupakan elemen dari system software yang bertugas mengerjakan pekerjaan minor dalam hal pengoperasian mesin, seperti mempersiapkan disket, membuat back-up disket atau file, membuat atau menghapus proteksi suatu sistem software, memperbaiki bagian file/disket yang rusak, menguji kebenaran kerja komputer dan sebagainya.
           Contoh  : PCTOOLS, NU, NC, Sidekick, PC Duplicator dsb.

c.    Bahasa
Elemen software ini bertujuan sebagai pengatur komunikasi antara komputer dengan peralatannya, antara komputer dengan komputer, ataupun komputer dengan manusia sebagai pengguna. Setiap bahasa yang dibentuk mempunyai tujuan tertentu sehingga seseorang tidak dapat sembarangan dalam memilih bahasa yang akan dipergunakan untuk menangani aplikasi yang dikehendakinya.
Setiap komputer mempunyai bahasa mesin / machine language sendiri. Instruksi-instruksi ke komponen harus diberikan dalam bahasa ini dan hanya dengan bahasa mesin ini komputer dapat mengerti.
Saat ini kita menulis program hampir semua dengan Bahasa Inggris, yang disebut High Level Language atau bahasa tingkat tinggi, yang mana perlu compiler ataupun interpreter untuk menterjemahkan bahasa tingkat tinggi ini menjadi bahasa mesin yang dimengerti oleh komputer.


Gambar 3.  Hierarkhi Pemrograman

Contoh  :
-          BASIC ( Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code ) adalah bahasa  pemrograman untuk penanganan aplikasi matematik, akutansi, permainan, file stimulasi dan aplikasi umum lainnya. Pengembangannya menjadi Turbo Basic, Q-basic
-          FORTRAN ( Formula Translation ) adalah bahasa  pemrograman untuk penanganan aplikasi matematik terutama dalam hal perumusan-perumusan. Pengembangannya Microsoft Fortran, Profesional Fortran, Fortran 77.
-          COBOL ( Common Business Oriented Language ) adalah bahasa  pemrograman untuk penanganan aplikasi yang banyak menggunakan file.
-          PROLOG  ( Programming Language ) untuk penanganan pengaturan kerja mesin-mesin industri
-          C-Language untuk pembuatan sistem software.
-          PASCAL yang berasal dari nama Blaise Pascal, untuk penanganan struktur data dan program. Pengembangannya menjadi Turbo Pascal, IBM Pascal, Microsoft Pascal, UCSD p-System Pascal.

Selain bahasa-bahasa tersebut diatas masih ada bahasa lain, baik yang lama maupun yang baru. Tetapi karena penyebarannya komputer micro sangat luas dan banyak, maka bahasa BASIC adalah bahasa yang paling populer.



d.    Package program
Elemen software ini bertujuan menyediakan berbagai fungsi yang siap dipakai.
-          software pengolah kata
Program paket ini membuat komputer berguna sebagai mesin ketik elektronik yang sangat canggih.
Contoh  : Wordstar, Wordperfect, MS Word dsb

-          publisher software
                  Program paket ini membuat komputer sebagai mesin editor untuk membuat majalah-majalah, koran, jurnal ataupun artikel lainnya.
                  Contoh  : Pagemaker Publisher, Ventura, PFS dsb

-          spreadsheet / pengolah angka
                  Program paket ini membuat komputer sebagai kertas kerja yang akan secara otomatis melakukan perhitungan-perhitungan yang diberikan.
                  Contoh  :  Lotus, Quartro Pro, Sympony dsb

-          CAD ( Computer Aided Design )
      Program paket ini membuat komputer sebagai alat lukis yang canggih dalam membuat sketsa ruangan atau dekorasi.
      Contoh  : AUTOCAD, STAAD 3 dsb

-          Statistik
Program paket ini membuat komputer sebagai mesin yang pandai menganalisis data dalam bentuk statistik.
Contoh  :  SPSS, Microstat, Systat, dsb

e.    Application program
Elemen software ini menyediakan sistem aplikasi yang siap pakai dalam hal aplikasi tertentu.
Contoh  :        Microfeap, SAP90, ETABS, MS-Project dll

3.    BRAINWARE / perangkat pemikir

Yang dimaksud disini adalah manusianya sebagai operator, user, maupun programmer yang menjalankan program dan komputernya.

Comments

Popular posts from this blog

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN BENDA UJI CTB (CEMENT TREATED BASE) DENGAN BAHAN TAMBAH (ZAT ADITIF)

MATERI ILMU UKUR TANAH

MATERI PROGRAM BAHASA KOMPUTER (KONSEP DAN METODE PEMROGRAMAN)